Hak Milik Tanah Di Negara Amerika Serikat


Pasal 33 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945 dinyatakan bahwa Negara menguasai bumi, air , dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya. Kaitannya pasal tersebut dengan hak milik tanah di Indonesia adalah bahwa bila seseorang memiliki hak milik atas suatu tanah disuatu wilayah dan didalam tanah yang dimilikinya itu terdapat suatu sumber daya alam yang bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat dan menyangkut kepentingan bersama, misalnya terdapat kandungan emas. Maka orang tersebut tidak berhak mengklaim bahwa kandungan emas yang ada didalam tanah tersebut adalah miliknya. Hal ini berbeda sekali dengan situasi di beberapa negara bagian di Amerika Serikat.

Dibeberapa negara bagian yang disebut “Ownership States”, pemilikan tanah meliputi juga pemilikan bahan-bahan galian yang ada dalam tubuh bumi dibawahnya. Pemilik tanah berhak menjual bahan-bahan galian miliknya itu untuk ditambang pihak lain, tanpa harus melepaskan hak atas tanahnya. Iapun menyebut adanya hak atas ruang udara diatas tanah miliknya (“air rights”). Pemilik tanah berhak menjual ruang udara tersebut, tanpa harus melepaskan hak atas tanahnya. Contohnya adalah ketika suatu perusahaan kereta api membutuhkan ruang udara untuk membangun jalur kereta api diatas tanah dan membutuhkan ruang udara diatas kepemilikan tanah seseorang sehingga perusahaan tersebut membeli ruang udara diatas kepemilikan tanah orang tersebut.

Pemilikan tanah yang meliputi juga pemilikan ruang diatasnya dan tubuh bumi dibawahnya tanpa batas itu didasarkan pada adagium latin kuno:

Cuius est solum euis usque ad coelum et ad inferos”, yang artinya barang siapa yang memiliki tanah, dia juga memiliki segala apa yang ada diatasnya sampai langit ketujuh dan segala apa yang ada didalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s