Sekilas Tentang New Public Management ( Reinventing Goverment )


Beberapa waktu yang lalu dan kayaknya masih bergaung sampai sekarang, frase reformasi birokrasi kerap kali terdengar diberbagai instansi pemerintahan walaupun mungkin seperti yang kita tahu hasilnya belum seperti yang kita harapkan. Salah satu hal yang diterapkan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi adalah penerapan konsep New Public Management (NPM) atau manajemen kewirausahaan. Kenapa konsep ini bisa muncul ? Konsep New Public Management muncul sebagai respon terhadap ketidakberesan sistem ditubuh instansi pemerintahan, keterbatasan anggaran, serta pengaruh globalisasi yang semakin meluas.

Konsep NPM pada dasarnya berorientasi pada pemangkasan/penghematan biaya, mengutamakan mekanisme pasar, manajemen kinerja dan juga peningkatan kualitas pelayanan. Dimana doktrin-doktrin yang cukup kuat mempengaruhi konsep NPM adalah efisiensi, efektifitas, responsivitas, demand driven, penghematan anggaran, pengukuran kinerja dalam rangka akuntabilitas, keterbukaan, desentralisasi, pemberian insentif yang adil, peningkatan kualitas pelayanan, berorientasi hasil, privatisasi, downsizing dan juga korporasi.

Dari beberapa doktrin diatas, ada  yang unsur yang cukup penting dalam mengukur kinerja instansi pemerintah :

  • Efisiensi, adalah perbandingan antara sumber daya yang digunakan dan ouput, artinya berapa ouput yang dihasilkan dalam proses dibandingkan dengan input yang masuk. Singkatnya makin  besar output yang dihasilkan dan semakin kecil input yang diperlukan maka semakin efisien.
  • Efektivitas, adalah sejauh mana output yang dihasilkan dapat memenuhi sasaran dan tujuan manajemen, dimana ukuran efektivitas hampir selalu digunakan untuk menggambarkan kesesuaian rencana dengan realisasi.
  • Responsivitas/relevansi, menggambarkan apakah suatu program yang diusulkan itu relevan dengan masalah yang hendak dipecahkan dimasyarakat.
  • Ekonomi, yaitu perbandingan antara biaya yang dikeluarkan dan kualitas sumber daya yang diperoleh sebagai input manajamen. Singkatnya, makin ekonomis jika biaya yang dikeluarkan kecil sedangkan kualitas sumber daya yang diperoleh makin baik.

Dalam konsep NPM dikenal adanya istilah kapasitas manajemen, yaitu kemampuan yang melekat pada pemerintah untuk mengorganisasikan, mengembangkan, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya manusia, sumber daya fisik dan capital information untuk mendukung keleluasaan arah kebijakan. Dimana kapasitas manajemen yang dimaksud adalah manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen modal dan manajemen teknologi informasi.

Kapasitas manajemen merupakan konsep yang menggambarkan kapasitas dari 2 (dua) unsur yaitu kapasitas manajer dan kapasitas sistem manajemen. Yang mana pada konsep NPM, kemampuan manajer merupakan kunci utama dalam kesuksesan penerapan konsep ini. Kemampuan manajer seperti apa yang diharapkan? Manajer-manajer yang kuat, visioner, kreatif, inovatif dan berjiwa enterpreneur inilah yang dibutuhkan. Dalam pelaksanaannya, para manajer-manajer ini harus diberi keleluasaan dalam mengelola unit atau organisasinya.

Prinsip-prinsip model penerapan NPM :

Sistem desentralisasi

Dengan memindahkan otoritas pengambilan keputusan/pelayanan yang lebih dekat pada penerima pelayanan.

Privatisasi

Dengan mengalokasikan barang dan jasa publik ke sektor privat.

Downsizing

Dengan melakukan pemangkasan/penyederhanaan jumlah dan ruang lingkup organisasi pada struktur pemerintahan.

One response to “Sekilas Tentang New Public Management ( Reinventing Goverment )

  1. christine angel

    NPM masih banyak tidak dijalankan…namun saat ini sudah direvisi menjadi good governance dan sound governance….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s