Keluarga Tank Scorpion di Jajaran TNI AD

TANK SCORPION

Tank Scorpion TNI AD

SPESIFIKASI MySpace

Tank Scorpion merupakan salah satu jenis tank ringan dari jenis Combat Vehicle Reconnaisance Tracked (CVRT), yang berarti kendaraan intai tempur beroda rantai. Tank ringan ini berasal dari Inggris dan diproduksi oleh Alvis  Vickers yang mana kemudian Alvis Vickers ini diakuisisi oleh  BAE Systems Land System (Weapon & Vehicles)

Stormer Bridge

Bodi tank terbuat dari alumunium alloy composite pada hampir semua bagian pelindungnya,  menjadikan berat tank ini menjadi cukup ringan  dan ketebalan 12,7 mm sudah cukup melebihi ketebalan dari steel armor (baja), sehingga mendukung struktur yang lebih rigid. Armor yang terbuat dari alumunium ini, ternyata mampu menahan terjangan peluru kaliber 7,62 mm sampai 12 m, dan juga mampu menahan pecahan fragmen HE (High Explosive)  hingga kaliber 105 mm yang ditembakkan baik dari darat maupun udara dengan jarak > 30 meter.

Stormer Logistics

Tank ini cukup lincah karena memiliki dimensi yang kecil sehingga mampu bermanuver dengan baik dan juga diajak melesat sampai kecepatan 80km/jam pada kondisi jalan datar, dan 63km/jam pada saat melewati kubangan atau air sungai dengan ketinggian 1 – 1,5 meter. Pada awalnya, tank Scorpion memakai sumber tenaga mesin Jaguar tipe J.60 4.2 liter enam silinder sebanding dengan 195 horse power (hp). Pada generasi berikutnya memakai mesin diesel Cummins tipe BTA 5.9 liter  dengan daya 190 hp  dengan daya jelajah sampai 644 km

Stormer Ambulance

Tank Scorpion diawaki oleh 3 orang awak yaitu seorang pengemudi, seorang gunner dan seorang komandan. Persenjataan utam tank ini adalah meriam L23A1 76 mm buatan Inggris berpeluru high explosive, HESH (High Explosive Squash Head), pelontar granat asap dan fasilitas APDS (Armor Piercing Discarding Sabot). Meriam ini mempunyai sudut elevasi 35 derajat dan 10 derajat kebawah. TNI AD sebagai salah satu pengguna tank ini, tidak memakai merian L23A1 sebagai senjata utama, namun memakai meriam Cockerill 90 mm buatan Belgia agar lebih ampuh daya dobraknya. Selain meriam utama sebagi senjata, biasanya pada kubah atas bagian kiri tank dapat dipasangi senapan mesin Coaxial dengan 7,62 mm. Senjata ATGM ( Anti Tank Guided Missile ) juga bisa dipasangkan pada tank ini, namun entah dengan TNI AD …apakah ikut melengkapinya dengan ATGM atau tidak.

Stormer APC

SCORPION TNI AD

Kedatangan tank ini ke Indonesia diawali dengan pemesanan pada tahun 1994 pada era Soeharto yang kemudian datang dari tahun 1997-1999 sebanyak 123 unit dengan berbagai macam tipe, mulai dari Scorpion  Tank (FV101) berkanon Cockerill 90 mm, Stormer APC ( Armored Personel Carrier/ FV103 Spartan), Stormer Recovery (FV106 Samson), Stormer Logistic, Stormer Bridge dan Stormer Ambulance (FV104 Samaritan). Tercatat TNI AD memiliki sejumlah Scorpion Tank sebesar 50 unit.

Tank Scorpion dg meriam Cockerill 90mm

Dari berbagai sumber ,  foto dari ForMil Kaskus

One response to “Keluarga Tank Scorpion di Jajaran TNI AD

  1. keren banget prajurit2 kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s